Coffee-Travel-Guidance: Yuk, Rancang Janji ke Janjian Coffee Roasters 2.0!

March 01, 2019

Source: Author's Collection
Belum memungkinkan untuk berkunjung ke kota lain membuat kaki saya akhirnya kembali berpijak di kota Depok. Kali ini adalah Janjian Coffee Roasters 2.0 –selanjutnya disebut Janjian 2.0, yang merupakan cabang kedua dari Janjian Coffee Roasters 1.0, Bogor. Buka pukul 10 pagi dan tutup pada pukul 10 malam, Janjian 2.0 memiliki konsep yang sama dengan cabang pertamanya. Bedanya adalah Janjian 1.0 memiliki pohon-pohon pinus sebagai ciri khas hingga mematenkan hashtag #CoffeeandPine. Loh loh, kok jadi concern ke Janjian 1.0 nya nih? Hahaha tenang, tenang. Yuk, mulai bahas ambience dan interior ciamik dari Janjian 2.0!

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection

Source: Author's Collection
Janjian 2.0 berada di kawasan pertokoan yang beralamat di Jalan Siliwangi No. 3B, Pancoran MAS, Depok, Jawa Barat. Coffee shop ini memiliki konsep woods and minimalist di bagian luar hingga ke bagia non-smoking room-nya. Namun, siapa sangka di belakang coffee shop ini terdapat sebuah harta karun bagi Sahabat Kopi yang suka berswafoto? Coffee shop yang baru berusia 5 bulan ini memiliki konsep yang cukup matang dalam hal ambience sehingga mampu menarik para pengunjungnya. Janjian 2.0 memiliki backyard indah yang terbagi menjadi bagian teras dan bagian rerumputan. Terdapat banyak bangku dan meja yang terbuat dari kayu, menambah kesan asri dari backyard cantik milik Janjian Coffee Roasters 2.0 ini.


Source: Author's Collection
Saatnya membahas meja barista milik Janjian 2.0 yang juga sangat menarik bagi saya. Terbuat dari batu, meja barista ini berhasil menyatu dengan konsep interior yang dimiliki Janjian 2.0. Tidak adanya sekat yang menghalangi para pengunjung yang memesan membuat meja barista ini terlihat luas. Terdapat beberapa coffee machine, beberapa botol air mineral dengan logo Janjian sebagai merknya, dan peralatan-peralatan yang biasa Sahabat Kopi lihat di meja barista coffee shop manapun.


[Kopi Krim] Source: Author's Collection
Signature-nya ada apa aja, Mas?” tanya saya pada barista. Ada Kopi Susu Kalcer dan Kopi Krim sebagai signature coffee dari Janjian 2.0 yang masing-masing seharga 25 ribu rupiah per gelas. Saya memesan keduanya. Untuk Kopi Krim, baristanya menyajikan di sebuah gelas kaca lengkap dengan sebuah sedotan hitam. Untuk Kopi Susu Kalcer, saya meminta disajikan di plastic cup dengan logo Janjian di cup holder yang terbuat dari kardus. Tak butuh waktu lama untuk menunggu kedua kopi yang saya order, tangan baristanya sudah pasti handal dalam hal ini.


[Kopi Susu Kalcer] Source: Author's Collection
Kopi Krim, rasa krim kentalnya yang manis tidak merusak rasa kopi membuat saya sangat menikmati setiap tegukannya. Rasanya yang light membuat saya menghabiskan kopi ini dalam waktu yang singkat, apalagi ditemani dengan obrolan seru bersama teman. Berbeda dengan Kopi Krim, Kopi Susu Kalcer memiliki tekstur yang lebih cair. Rasa kopinya lebih pekat dibandingkan dengan Kopi Krim. Jika diharuskan memilih antara kedua kopi tersebut, saya akan memilih Kopi Susu Kalcer walaupun Kopi Krim juga sangat unik. Anyway, ada yang tahu maksud dari Kalcer? Menurut sang barista, Kalcer diambil dari kata “Culture” yang berarti “Kultur”. Sangat unik, bukan?


[Hand-lettering by @dsatriorizky]
             Source: Author's Collection
Selain kedua kopi tersebut, Janjian Coffee Roasters 2.0 juga memiliki menu coffee base yang menggunakan latte art yang dijamin bagus karena salah satu baristanya menduduki peringkat ke-6 di Indonesia Latte Art Championship 2018, loh! Selain itu, ada pula Manual Brew yang menggunakan biji kopi dari roaster milik sendiri. Adalah 278 Roastery, pemasok biji kopi untuk Janjian Coffee Roasters 1.0 maupun 2.0. Kebetulan di hari saya berkunjung, Janjian 2.0 menyediakan biji kopi Bali Honey untuk manual brew-nya. Bagaimana dengan menu non-coffee base? Ada Avocado Latte, Chocolate Macchiato, dan masih banyak yang lainnya, dan pastinya enak-enak! Untuk signature side dish-nya, Janjian 2.0 punya Crispy Banana, semacam Banana Nugget dengan cinnamon sebagai topping-nya.


Source: Author's Collection
Untuk harga menunya, Janjian mematok harga mulai dari 20 ribu hingga 38 ribu rupiah per gelas kopinya. Harga ini cukup terjangkau sehingga membuat coffee shop ini ramai didatangi oleh para pelajar dan mahasiswa yang sekadar ingin nongkrong atau mengerjakan tugas. Biasanya pengunjung mulai berdatangan setelah jam makan siang, disusul peak season-nya mulai pukul 4 sore hingga malam. Tak jarang Janjian 2.0 harus menutup tokonya pukul 11 malam karena betahnya Sahabat Kopi yang berkunjung ke sana.


Source: @faizawahidah
Jelas, ambience yang berbeda dengan harga yang cukup terjangkau serta musik-musik yang catchy pasti akan membuat siapapun betah berlama-lama di coffee shop ini. Belum lagi spot-spot foto yang sangat instagenic bertemakan backyard yang dipenuhi tanaman hijau dan rerumputan. Jadi, kapan merancang janji untuk ke Janjian Coffee Roasters 2.0 nih, Sahabat Kopi?


Source: @anssyafira
Sekian dulu coffee-travel-guidance dari Rekonsiliasi Kopi ya! Apa? Masih kurang? Tenang aja! Next episode Rekonsiliasi Kopi siap memberikan informasi terkait toko-toko kopi yang berada di Jakarta dan sekitarnya. So stay tune and enjoy your coffee, Sahabat Kopi!

You Might Also Like

1 comments

  1. Waah keren sih. sebagai warga depok yang kurang explore saya baru tau kalo ada coffee shop se-asik ini, udah gitu deket banget sama rumah. Makasih banyak yaa untuk informasi dan referensinyaa!

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images