Coffee-Travel-Guidance: Rumah Baru Untuk Saturday Coffee 1.0

January 26, 2019

Source: Author's Collection

Pukul 7 malam waktu Indonesia bagian ingin ngopi, saya bergegas menuju Depok karena sudah ada rencana ingin ke salah satu coffee shop di sana. Adalah Saturday Coffee 1.0 yang baru saja pindah ke tempat baru awal Desember tahun 2018 lalu. Pindahnya memang tidak begitu jauh dari tempat lama, hanya dua kios ke kiri. Namun rumah baru untuk Saturday Coffee 1.0 yang beralamat di Jalan Komjen. Pol. M. Jasin, Tugu, Cimanggis, Depok ini lebih luas dan nyaman. Buka setiap hari pukul 10 pagi dan tutup pukul 12 malam dengan lokasi yang cukup strategis karena berada di dekat kampus-kampus ternama di Kota Depok membuat coffee shop ini sering kali dipadati oleh para loyal customer-nya.

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection


Berada di lantai 2, Saturday Coffee 1.0 memiliki ruangan non-smoking dan smoking yang dipisahkan oleh pintu dan jendela kaca. Ketika membuka pintu depan coffee shop ini, Sahabat Kopi akan langsung di sapa dengan ruangan non-smoking dengan nuansa abu-abu dan hitam. Terdapat meja barista yang cukup besar tanpa adanya sekat yang menghalangi, juga ada beberapa meja dan kursi berbahan dasar kayu. Melintasi sekat pintu kaca, Sahabat Kopi akan memasuki smoking area dengan nuansa abu-abu dan putih dimana terdapat tangga batu khas Saturday Coffee dan beberapa meja-kursi kayu. Ada pun beberapa pajangan seperti tanaman hias, beberapa buku, dan mini-guitar.

Source: @farros_
Coffee shop ini sangat cocok bagi Sahabat Kopi yang ingin sekadar nongkrong dengan teman-teman karena suasananya yang asyik. Selain itu, coffee shop ini juga bisa dijadikan tempat untuk mengerjakan tugas, tapi pastikan Sahabat Kopi tidak datang di peak season-nya ya! Peak season-nya di mulai pukul 4 sore hingga tengah malam. Bisa dikatakan, semakin malam akan semakin ramai pula coffee shop ini. Oh iya, jangan pernah takut untuk ke coffee shop ini sendirian ya. Kenapa? Karena barista-barista dan para loyal customer disini sering berinteraksi dengan pengunjung lainnya. Jadi, walaupun datang sendiri, kalian tetap akan mendapatkan teman ngobrol asal kalian juga mau berinteraksi ya!

Source: @farros_
Beralih ke meja barista yang bernuansa batu dan kayu. Diatasnya terdapat beberapa mesin penggiling kopi dan beberapa kotak berisikan coffee beans lengkap dengan penjelasan mengenai masing-masing bean tersebut. Di meja barista yang juga dijadikan meja kasir ini terdapat sebuah etalase yang berisikan side dish khas coffee shop ini. “Silahkan, Kak. Mau pesan apa?” sapa baristanya ramah. Saya akui, barista-barista di coffee shop ini sangat interaktif dengan pengunjung yang datang sehingga membuat pengunjung merasa akrab dan nyaman.

Source: Author's Collection
Coffee shop yang sering memutar lagu-lagu indie dengan genre folks ini memiliki 3 jenis minuman Signature, yaitu Wake Up Call, Rosegold, dan Iced Coffee Rock N Roll. Untuk signature, saya memesan Wake Up Call. Adalah es kopi yang dicampur dengan soda dan lemon. Kombinasi 3 bahan ini sangat unik karena memadukan rasa kopi yang pahit, rasa khas dari soda, dan rasa asam-manis dari lemon. Wake Up Call sangat saya rekomendasikan untuk Sahabat Kopi yang membutuhkan minuman yang segar.

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection


Saya juga memesan kopi susu khas disini, yaitu Kopi Susu Mantan yang sangat nikmat disajikan dengan segelas es batu, minuman satu ini adalah favorit saya. Adalah kopi susu botolan dengan kombinasi kopi dan susu yang tepat, membuat Kopi Susu Mantan terasa manis dan ringan namun tetap memiliki sedikit after taste kopi yang pahit. Kopi Susu Mantan sangat cocok dinikmati dengan Brownie sebagai side dis­h­­-nya.

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection


Saturday Coffee 1.0 juga terkenal akan manual brew-nya. Coffee shop ini selalu menyediakan 4 jenis coffee beans berbeda. Sahabat Kopi tinggal pilih sesuai selera dan barista handalnya akan segera memproses coffee beans pilihan Sahabat Kopi dengan cara di-filter. Selain manual brew, Saturday Coffee 1.0 juga memiliki coffee base drink dengan latte art yang cantik. Salah satunya adalah Cappuccino yang dibuat oleh salah satu barista disini, latte art-nya simple namun tetap instagenic.

Source: Author's Collection
Untuk harga menunya, Saturday Coffee 1.0 sangat ramah bagi kantong mahasiswa seperti saya dan mayoritas pembaca di sini. Minumannya dimulai dari harga 15 ribu hingga 29 ribu rupiah saja, hal ini juga sama dengan side dish-nya. Namun juga ada beberapa side dish yang disediakan di etalase seperti Brownie, Red Velvet, dan Donat dengan harga 10 ribu rupiah.

Source: @farros_
Harga yang terjangkau, nuansa yang asyik, barista dan loyal customer yang ramah dan interaktif, menjadikan Saturday Coffee 1.0 ini sangat saya rekomendasikan untuk dikunjungi. Dengan menyeruput kopi nikmat dan menyantap side dish enak sambil mendengarkan lagu-lagu yang diputarkan disini, Sahabat Kopi pasti betah berlama-lama di coffee shop ini karena saya pun merasa begitu hahaha.

Source: @anssyafira
Sekian dulu coffee-travel-guidance dari Rekonsiliasi Kopi ya! Apa? Masih kurang? Tenang aja! Next episode Rekonsiliasi Kopi siap memberikan informasi terkait toko-toko kopi yang berada di Jakarta dan sekitarnya. So stay tune and enjoy your coffee, Sahabat Kopi!

You Might Also Like

1 comments

  1. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add whatsapp: +85515373217

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images