Bangun Relasi dari Rekonsiliasi Kopi

January 25, 2019


Blogger, untuk sebagian orang rasanya sepele. Namun bagi saya, menjadi blogger adalah hal yang menyenangkan. Memulai karier sebagai seorang blogger sejak bulan September 2018 lalu, saya merasa blogging telah mengubah hidup saya. Sebenarnya blogging bagi saya adalah suatu bentuk kombinasi tepat antara dua hobi yang saya miliki. Saya jatuh cinta dengan literasi sejak di bangku sekolah menengah pertama dan saya juga jatuh cinta dengan kopi sejak awal tahun 2018. Kecintaan saya dalam hal literasi tak terlalu saya asah, hanya sesekali membaca buku dan membuat sajak-sajak sederhana. Terkadang saya juga mengikuti kompetisi-kompetisi penulisan karya ilmiah, namun tidak terlalu konsen dalam hal tersebut.

Berbeda dengan kecintaan saya dengan kopi yang justru selalu saya tekuni. Sudah sejak awal tahun 2018 saya menyambangi berbagai macam coffee shop dan acara-acara bernuansa kopi. Berbagai rasa kopi telah saya nikmati dan selalu berhasil membuat saya makin menggilainya. Namun pada awal September 2018, saya mulai memikirkan hal apa yang saya dapatkan dari seringnya bersinggah dari satu coffee shop ke coffee shop lainnya? Saya mulai merasa harus melakukan sesuatu yang produktif dan bermanfaat dari hobi saya yang satu ini.

Source: Author's Collection
Adalah blogging yang akhirnya saya pilih untuk mewujudkan ide saya tersebut. Merasa kemampuan menulis saya belum hilang, saya mulai mencoba membuat review untuk tiap coffee shop yang pernah saya sambangi melalui blog saya yaitu http://rekonsiliasikopi.blogspot.com sebagai medianya. Ambience, interior, menu, rasa kopi, hingga harga saya ulas dan rangkum menjadi satu artikel. Awalnya saya mengambil foto-foto coffee shop tersebut dari internet dan sosial media untuk lalu disematkan di artikel saya. Namun, pada bulan Oktober akhirnya saya bisa mengambil sendiri foto-foto coffee shop yang saya sambangi tiap minggunya dengan kamera sederhana saya.

“Mas, izin ambil foto untuk blog saya, ya. Boleh?” itulah yang sering kali saya tanyakan pada barista yang sedang berjaga di coffee shop yang saya sambangi. Terkadang jika beruntung, saya diberikan kesempatan untuk berbincang dengan salah satu barista atau bahkan dengan owner-nya langsung. Hal tersebutlah yang membuat saya makin menikmati menjadi blogger, karena saya bisa bertemu dengan orang-orang baru sekaligus belajar banyak hal dari mereka. Menjadi blogger membuat saya merasa menjadi jurnalis dan redaksi dalam satu waktu dan itu menyenangkan.

Source: Author's Collection
Sebenarnya jika untuk mengulas coffee shop, mungkin lebih asyik jika dibuat vlog. Namun saya memiliki tujuan lain kenapa pada akhirnya saya memilih blog sebagai media. Tujuan saya adalah untuk membantu Najwa Shihab. Loh, ada apa dengan Najwa Shihab? Najwa Shihab adalah salah satu tokoh di dunia jurnalistik Indonesia dan juga merupakan Duta Literasi Indonesia. Saya sangat mengidolakan Najwa Shihab sampai saya merasa harus ikut membantu beliau untuk membuat generasi muda lebih giat membaca. Namun, dewasa ini, generasi kita terlalu sering memegang gadget dibandingkan buku. Nah, dengan blog, saya merasa mampu membantu generasi muda untuk lebih giat membaca dengan gadget sebagai medianya.

Berbicara tentang momen spesial yang saya rasakan saat menjadi blogger mungkin terjadi ketika saya menyambangi coffee shop yang pernah saya ulas di blog saya. Ketika itu baristanya bertanya apakah saya yang telah membuat review tetang coffee shop tersebut. Tak hanya baristanya, salah satu loyal customer disana juga bertanya demikian. Setelah itu, ketika saya ingin beranjak pulang, saya bertemu dengan salah satu owner coffee shop tersebut dan izin pamit. Ketika saya bersalaman dengannya, beliau berkata “terima kasih ya atas review di blognya.” Saat itu adalah kali pertama saya dikenali sebagai seorang blogger serta diberikan ucapan terima kasih. Saya merasa sangat senang dan makin bersemangat untuk terus membuat artikel ulasan lainnya.

[Affogato] Source: Author's Collection
Momen spesial lainnya terjadi di bulan Desember 2018 ketika nama Affogato (salah satu menu berbahan dasar kopi dan es krim vanilla) mulai disematkan kepada saya oleh orang-orang di dunia kopi yang sering saya temui. Jujur, saya merasa sangat senang dan merasa terhormat mendapatkan panggilan khusus tersebut. Dan mulai bulan ini juga saya mulai melebarkan sayap relasi di dunia kopi lewat perbincangan-perbincangan yang saya bangun dengan owner maupun barista-barista coffee shop. Beberapa kali juga saya mendapatkan complimentary coffee dari coffee shop yang akan atau telah saya buatkan artikel review dan hal tersebut benar-benar membuat saya semakin bersemangat.

Masuk ke tahun 2019, saya memiliki beberapa resolusi untuk karir saya sebagai blogger. Yang pertama, saya sangat ingin mengubah domain blog saya menjadi “.com”. Dikarenakan profesi saya yang masih menjadi seorang mahasiswa, saya agak kesulitan untuk membeli domain sendiri. Namun saya yakin, di tahun ini saya akan membeli domain tersebut. Saya juga mulai mempelajari tentang web design. Hal ini saya lakukan untuk membuat template dan thumbnail blog saya menjadi lebih menarik namun tetap sederhana.

Source: Author's Collection
Resolusi lainnya adalah saya ingin membuat sub-session baru di blog saya. Saya telah membuat “Coffee-Travel-Guidance” yang berisikan ulasan-ulasan tentang coffee shop yang berada di sekitar Jakarta dan Depok sebagai sub-session pertama saya dan rencananya di tahun 2019 ini saya akan membuat sub-session baru, yaitu “Get to Know Your Barista”. Sub-session tersebut rencananya akan mengulas tentang barista-barista di coffee shop yang saya sambangi. Dengan cara interview untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai barista, saya ingin sub-session ini bisa membuat masyarakat luas lebih mengenal barista melalui informasi yang didapatkan langsung dari barista itu sendiri. Untuk mewujudkan resolusi ini, saya masih perlu melakukan beberapa kali riset untuk menyusun format pertanyaan yang nantinya akan saya tanyakan pada narasumber.

Selain itu, saya juga ingin sekali mencoba mengulas coffee shop-coffee shop yang berada di luar Jakarta dan Depok. Daerah yang sangat ingin saya sambangi adalah Bandung, karena menurut relasi-relasi saya, Bandung adalah surga bagi penikmat kopi. Jika mendapatkan rezeki dan waktu lebih, saya akan travelling ke Bandung untuk mencoba sarapan, makan siang, dan makan malam di coffee shop-coffee shop berbeda di Bandung, sesuai dengan rekomendasi relasi-relasi saya yang pernah ke sana.

Untuk saat ini, selagi saya mencoba mewujudkan resolusi tahun 2019, saya akan terus mencoba konsisten dalam membangun blog saya dengan cara meng-upload artikel minimal satu kali dalam satu minggu. Dengan begitu, para pembaca dan visitor blog saya akan selalu mendapatkan rekomendasi satu coffee shop tiap minggunya untuk menghabiskan akhir pekannya.

Beberapa orang bertanya, apakah saya dibayar untuk melakukan hal ini. Jawabannya adalah tidak. Mungkin terkesan naif, namun bagi saya mimpi harus diwujudkan dengan loyalitas di setiap langkahnya. Saya yakin apa yang saya bangun saat ini nantinya akan membuahkan sesuatu yang bermanfaat bagi saya dan orang lain. Saya hanya perlu menjadi tetap konsisten, loyal, dan terus fokus dalam mewujudkan mimpi untuk membangun blog saya menjadi sebesar blog milik Mas Nodi, yaitu https://www.nodiharahap.com.


“Sweetheart, marry your goals, remain committed to success, be loyal to your dreams. It’s okay to choose yourself.” –R.H.Sin.


You Might Also Like

3 comments

  1. Wah asyik nih kita ngopi bareng sambil ngeblog, cuss kak beli TLD murah kok, under 100K/tahun banyak yang sudah dot com hehhe, semangatattttt :)

    ReplyDelete
  2. Hai, salam kenal. Suka baca cerita perjalananmu di dunia blogging. Semoga agenda di tahun 2019 ini bisa terwujud yah!

    ReplyDelete
  3. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add whatsapp: +85515373217

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images