Coffee-Travel-Guidance: Ngopi Nikmat di Kopi Amat

January 19, 2019

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection
Sejak pertama kali berkunjung ke coffee shop satu ini, saya merasa coffee shop ini patut diapresiasi dengan review yang baik. Adalah Kopi Amat, coffee shop yang terletak di Jl. H. Naim III No.18, RT.4/RW.9, Cipete Utara, Jakarta Selatan, berhasil membuat saya nyaman dan merasa cocok. Coffee shop yang buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 10 malam ini sering dikunjungi oleh loyal customer-nya bahkan di weekdays sekalipun. Begitu memasuki coffee shop ini, Sahabat Kopi akan disuguhkan non-smoking room yang sangat instagenic dengan ambient lighting yang redup ala coffee shop kekinian. Tulisan “Good Vibes Only” yang terbuat dari lampu neon berwarna merah menempel indah di dinding, sangat iconic dan sering kali di foto oleh para penikmat kopi yang akan meng-update status di sosial media. Adapun smoking area yang terletak di luar ruangan.

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection


Kopi Amat, dengan konsep matangnya, berhasil membuat pengunjungnya betah berlama-lama di coffee shop ini. Ada berbagai macam properti yang bisa Sahabat Kopi gunakan maupun untuk sekadar foto-foto. Contohnya adalah buku-buku fotografi sampai novel-novel seperti 5cm karya Donny Dhirgantoro hingga novel series Shin Suikoden karya Eiji Yoshikawa, beberapa kaktus hias, beberapa piringan hitam termasuk pemutarnya, dan satu lagi yang pasti jadi favorit Sahabat Kopi –PlayStation. Semua bisa digunakan secara gratis, tapi pastikan kalian order kopi nikmatnya juga ya, Sahabat Kopi!

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection
Seperti biasa, mari bahas meja baristanya. Terdapat banyak barang-barang, namun tetap terlihat rapi. Itulah kesan dari saya ketika pertama kali melihat meja baristanya. Ada etalase yang berisikan cemilan ringan dan botol-botol air mineral. Di bagian atasnya terdapat banyak bungkus coffee bean dari berbagai roastery dengan tulisan “Manual Brew” di atasnya. Di sampingnya terdapat mesin kasir dan beberapa notes. Di sisi lain meja barista terdapat beberapa coffee machine yang terjejer rapi. Di dekatnya terdapat tumpukan plastic cup, sedotan, sendok, tissue, dan lain-lain. Untuk menunya terdapat di bagian atas meja barista. Terbayang dimana? Nih, Rekonsiliasi Kopi tampilkan gambarnya agar Sahabat Kopi bisa lihat seunik apa meja barista dari Kopi Amat ini.

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection
“Untuk signature-nya kita ada Es Kopi Susu Amat! dan Es Susu Kopi Banget! Kak. Saya sarankan pilih Es Kopi Susu Amat! nya Kak, karena kopinya lebih terasa,” jelas salah satu baristanya dengan ramah. Saya memutuskan untuk membeli apa yang disarankan oleh barista tersebut. “Untuk manual brew, kita punya beberapa coffee beans dari yang lokal sampai yang interlokal, Kak. Kalau mau yang lokal, saya sarankan yang dari Bali, Kak,” jelas Baristanya lagi. Untuk manual brew-nya saya memesan bean yang juga disarankan oleh sang barista. Tidak perlu menunggu lama, Segelas Es Kopi Susu Amat! dan manual brew siap dinikmati.

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection
Mari beralih ke kopinya. Untuk signature Es Kopi Susu Amat! rasanya luar biasa nikmat. Kopi, susu, dan gulanya memiliki takaran yang seimbang. Kadar manis yang tepat tanpa merusak cita rasa kopi itu sendiri membuat kopi ini akan disukai siapapun yang meminumnya. Disuguhkan di dalam plastic cup dengan logo Kopi Amat, sangat praktis untuk diminum di tempat ataupun di take away. Lanjut ke manual brew dengan biji kopi Bali-nya. Karena diproses dengan V60 method, kopi ini terasa ringan dengan rasa pahit dan asam. Dari wanginya, Sahabat Kopi bisa langsung mencium aroma kopi khas Bali.
Source: @pandufrtna
Ada hal menarik di Kopi Amat. Di antara banyak side dish, mata saya tertuju pada menu Lekker Story. Ada 35 pilihan rasa lekker mulai dari yang manis hingga gurih. Saya memesan rasa pisang coklat dan strawberry. Dengan harga yang sangat affordable, Lekker Story dari Kopi Amat berhasil membuat saya bernostalgia kembali ke zaman sekolah dulu. Lekker yang garing dengan isian yang manis merupakan kombinasi tepat yang harus Sahabat Kopi coba disini. Sangat menarik dan cocok untuk dijadikan teman minum kopi.

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection


Selain Lekker Story, ada pula Otak-Otak Goreng, Singkong Goreng, Cireng Bumbu Rujak, dan lain-lainnya sebagai menu side dish. Nah, jika Sahabat Kopi lapar, Kopi Amat siap menyajikan makanan berat seperti Nasi Goreng, Mie Goreng, Bihun Goreng, hingga Kwetiau loh! Lidah Sahabat Kopi akan dimanjakan habis-habisan dengan menu-menu enak dari Kopi Amat!

Source: Author's Collection
Source: Author's Collection


Pasti penasaran ya berapa harga menu di Kopi Amat? Untuk minuman, Kopi Amat memberikan harga dari 18 ribu hingga 33 ribu rupiah. untuk snack dan makanannya dari harga 4 ribu rupiah hingga 28 ribu rupiah. Cukup affordable, kan? Menu yang lengkap, ambience yang cozy, barista yang ramah, siapa yang bisa menolak ajakan untuk berkunjung ke coffee shop satu ini? Jangan lupa berswafoto juga ya jika mampir! Jadi, siap meneguk kopi nikmat di Kopi Amat weekend ini, Sahabat Kopi?

Source: @anssyafira
Source: Author's Collection


Sekian dulu coffee-travel-guidance dari Rekonsiliasi Kopi ya! Apa? Masih kurang? Tenang aja! Next episode Rekonsiliasi Kopi siap memberikan informasi terkait toko-toko kopi yang berada di Jakarta dan sekitarnya. So stay tune and enjoy your coffee, Sahabat Kopi!

You Might Also Like

2 comments

  1. Asli sih jadi pengen banget nyobain kesanaa, penasaran banget sama vibes cafenyaa. Btw makasih banyak informasinyaa, berguna sekali!

    ReplyDelete
  2. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add whatsapp: +85515373217

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images